Search

Awal Mula Huang Hua Legenda Bulu Tangkis Tiongkok Memutuskan Pindah ke Klaten

Jakarta: Mantan atlet bulu tangkis Huang Hua belum lama ini ramai diperbincangkan setelah aksi panggungnya dalam pentas ketoprak bersama sang suami, Tjandra Budi Darmawan di Klaten, Jawa Tengah. Hal ini memantik perhatian lantaran Huang Hua dulunya adalah pebulutangkis asal Tiongkok dan merupakan rival berat Susy Susanti, legenda badminton Indonesia.

Kepada Medcom.id, Huang Hua bercerita bagaimana awal mula dia tinggal di Indonesia dan berganti kewarganegaraan setelah menikah dengan Tjandra Budi Darmawan.

"23 tahun (di Indonesia). Saya pulang dari Amerika Serikat tahun 1995. Untuk tinggal di Indonesia itu semua ikut suami. Soalnya, suami saya lahir, besar dan sekolah di sini," kata Huang saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat, 21 September 2018.

Huang Hua dan Tjandra Budi Darmawan sempat mengenyam pendidikan di Amerika Serikat. Saat itu, Huang mengambil studi bahasa Inggris dan Tjandra melanjutkan studi penerbangan.

"Waktu itu, satu tahun sekolah di Amerika saya sekolah bahasa Inggris, suami saya sekolah penerbangan. Kami berpikir, 'inginnya (tinggal) di mana, sih?'. Kami berdua rencana sekolah di luar dulu, waktu itu juga baru bangun keluarga masih bingung mau tinggal di mana. Satu tahun di Amerika Serikat terus keluarga suami saya rombongan berkunjung. Setelah dua minggu mengunjungi kami di sana dan pulang, semua pulang. Jadi waktu itu perasaan saya sama suami kaget. Kayak homesick banget," cerita Huang.

"Kami merasa pulang ke Indonesia saja. Itulah saya ikut suami saya pulang ke Indonesia," sambungnya.

Huang Hua dan Tjandra Budi Darmawan pertama kali bertemu di Semarang. Saat itu, Huang Hua hadir dalam turnamen Indonesia Open 1992.

"Saya ke sini (Indonesia) sebagai pemain. Kebetulan ada peristiwa, sebelumnya saya datang (saat) papa saya meninggal. Jadi, saya waktu ke sini kondisinya kurang baik. Pelatih saya bilang, lihat saya setiap hari kondisinya kurang baik. Selain main, (suka) sendirian di halte."

"Terus pelatih saya kan orang Solo, jadi dia tahun 60-an pulang ke China. Dia lihat kondisi saya seperti itu, lalu mau mengajak saya ikut pulang ke rumah keluarga dia. Kebetulan pelatih saya itu saudara dengan orangtua suami saya. Mereka ada hubungan keluarga. Jadi, itu sebabnya saya ikut pelatih saya," papar mantan atlet yang kini telah dikaruniai tiga orang anak itu.

Huang melanjutkan, pertemuan mereka tanpa rencana apapun. Semua berjalan apa adanya dan diawali dengan pertemanan.

"Waktu itu sebenarnya enggak ada tujuan apa-apa, cuma ketemu suami saya kebetulan. Kayak salaman, jadi teman dulu," kata Huang.

Huang Hua dan Tjandra Budi Darmawan dikaruniai tiga orang putra, Tjandra Michael serta sepasang anak kembar Tjandra Christian dan Tjandra William.

"Kalau bukan suami dan keluarganya saya enggak mungkin jauh-jauh tinggalkan China, pergi dari China. Soalnya enggak gampang kalau sampai keluar. Sejak lahir sampai saya selesai dan pensium dari bermain bulu tangkis semua waktu di China. Jadi, sebenarnya saya jujur saja datang ke sini semua untuk suami," tukasnya.

 
(ELG)

Let's block ads! (Why?)

http://hiburan.metrotvnews.com/selebritas/VNx7eX8K-awal-mula-huang-hua-legenda-bulu-tangkis-tiongkok-memutuskan-pindah-ke-klaten

Bagikan Berita Ini

0 Response to " Awal Mula Huang Hua Legenda Bulu Tangkis Tiongkok Memutuskan Pindah ke Klaten "

Post a Comment

Powered by Blogger.